Bangkitkan Budaya Literasi Pikom IMM Feb Menyelenggarakan Baitul Qalam - IMM FEB UNISMUH MAKASSAR

IMM FEB

  • VISIONER
  • SPIRITUAL
  • INTELEKTUAL
  • HUMANITAS

Hot

PIKOM IMM FEB UNISMUH MAKASSAR

Kamis, 26 Desember 2019

Bangkitkan Budaya Literasi Pikom IMM Feb Menyelenggarakan Baitul Qalam



      Baitul Qalam dibawah naungan Bidang RPK PIKOM IMM FEB UNISMUH MAKASSAR, akan diselenggarakan pada tanggal 27-29 Desember 2019 . pembukaan Baitul Qalam dengan Tema Menuliskan Ide, Cerahkan Peradaban  akan dirangkaikan dengan Dialog Literasi dengan mengangkat tema Membumikan Gerakan Literasi  Dalam Membentuk  Generasi  Intelektual Milenial. Pembukaan Baitul Qalam bertempat di UBC Universitas Muhammadiyah Makassar, dan lokasi pelaksanaannya Bertempat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.  
      Nama Baitul Qalam diangkat dari Q.S Al-Alaq ayat 4 yang artinya, Allah SWT Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan Qalam (Pena). Menurut beberapa ahli tafsir, Q.s Al-alaq ayat 1-4 menjelaskan bahwa, kunci pengetahuan itu ialah membaca dan menulis. Terkhusus pada Qalam itu sendiri menjelaskan bahwa, Allah SWT yang mengajar manusia menulis dengan perantaraan Pena. Dimana dengan tulisan berguna untuk menyimpan serta menyebarkan pesan serta ilmu pengetahuan kepada orang lain. Ketika Rasulullah SAW mendapatkan wahyu, dihafalkannya kemudian para khalifah pengganti Rasulullah serta para Sahabatlah yang menulisnya. Pena para Khalifah dan Sahabat Rasulullah SAW yang telah menuliskan Kalam Allah SWT serta meriwayatkan Hadist, Hingga sampai saat ini Al-Qur’an mampu sampai kepada kita. Pena para ulama serta para tokoh pembaharu islam , yang telah menjabarkan ratusan bahkan jutaan kitab, serta ilmu pengetahuan hingga percikan dari penjabaran tersebut mampu sampai kehadapan kita. Begitulah seharusnya kita memanfaatkan segala indra dan anggota tubuh yang diberikan oleh Allah SWT. Ketika mata digunakan untuk membaca, maka tangan digunakan untuk menulis. Allah SWT mengajarkan kepada kita dengan perantaraan Pena, yang dengan pena tersebut Ilmu dapat terpelihara. Adapun kata Baitul diangkat dari Bahasa Arab, yang artinya ialah rumah atau dapat diartikan sebagai Wadah. 
      Kegiatan Baitul Qalam merupakan Stresing gerakan komisariat pada basis Riset dan Pengembangan Keilmuan, kegiatan ini bertema “Menuliskan Ide, Cerahkan Peradaban”. Yang menjadi tujuan kami ialah membangkitkan kembali budaya Literasi yang pernah dilakukan oleh Khalifah, para sahabat serta tokoh-tokoh literasi lainnya, yang dengan membaca, kemudian menulis adalah hal yang mampu mengabadikan serta merawat pengetahuan. Sehingga ilmu pengetahuan tersebut mampu di jabarkan, Al-qu’an yang dikatakan sebagai pedoman, mampu sampai kehadapan kita untuk mencerahkan Kehidupan Ummat.  Harapan besar kami, ialah mampu melahirkan para generasi yang kembali menghidupkan budaya menulis, yang diawali dengan pembacaan kritis terhadap realitas yang terjadi dan dari sumber yang alamiah.
      Jika para Khalifah dan Sahabat Rasulullah mampu menuliskan Kalam Allah SWT, Para Ulama serta para aktivis pembaharu mampu menjabarkan kitab dan ilmu pengetahuan, Maka para Mahasiswa juga harus mampu menulis untuk mecerahkan masa dan Peradaban. JANGAN PERNAH HIDUP MENUA TANPA ARTI.

#IMM JAYA 
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad