TAMPIL MEMIKAT SESUAI SYARI'AT - IMM FEB UNISMUH MAKASSAR

IMM FEB

  • VISIONER
  • SPIRITUAL
  • INTELEKTUAL
  • HUMANITAS

Hot

PIKOM IMM FEB UNISMUH MAKASSAR

Minggu, 27 Oktober 2019

TAMPIL MEMIKAT SESUAI SYARI'AT





Oleh : Kakanda Immawati Risna
Amanah : Ketua Bidang Tabligh PIKOM IMM FEB 2019/2020
Sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita muslimah. Didalam QS An-Nur ayat 31 mengatakan bahwa:
Katakanlah kepada wanita yang beriman:"Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampilkan perhiasan kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara lelaki mereka, atau putra-putra saudara perempuan meraka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.
SYARAT-SYARAT MENUTUP AURAT BAGI SEORANG WANITA
   1. Menutup aurat menurut yang telah ditetapkan
Seluruh badan wajib ditutupi kecuali muka dan telapak tangan. Seperti yang dijelaskan dalam QS Al Ahzab Ayat 59
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untu dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah masa pengampun lagi maha penyayang.
2    2. Mengenakan pakaian yang tidak ketat
    Wanita yang memakai pakaian ketat walaupun menutupi seluruh tubuhnya masih belum memenuhi tuntutan syarat.
3    3. Mengenakan pakaian yang tidak tipis/jarang
    Syarat menetapkan pakaian wanita mestilah tidak jarang sehingga menampakkan bentuk tubuh dan warna kulit.
4. Bukan pakaian yang menarik perhatian
   Tidak memakai pakaian yang menarik perhatian orang, contohnya pakaian yang berlainan daripada  orang lain sama ada dari segi warna,fesyen dan Sebagainya.
5. Tidak meyerupai pakaian seorang lelaki atau pakaian orang kafir
   Sabdah Rasulullah s.a.w yang diriwayatkan oleh ibnu abbas yang bermaksud: "Rasulullah s.a.w melaknat lelaki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai lelaki.
6     6. Tidak bertabarruj
Tabarruj diartikan sebagai bersolek secara berlebih-lebihan. Selain itu ia juga membawa arti memperlihatkan keelokan, kecantikannya yang sepatutnya wajib ditutupi.
      Bagi seorang muslimah, ada beberapa penampilan yang mesti ditaati. Cantik adalah suatu keharusan. Allah itu cantik dan mencintai kecantikan. Namun kecantikan seseorang wanita tidaklah boleh berlebihan, ada aturannya. Salah satunya, mulai dari make up, maka make up ini harusnya tidak boleh bertabarrauj (mengambil berkah) apalagi harus menarik orang lain untuk menatapnya. Allah swt juga melaknat wanita yang mencukur alisnya, yang menyambung rambutnya, mengkikir giginya, yang mengubah penampilannya memakai bulu mata palsu serta memakai soflen dan lainnya. Semua itu tidak diperbolehkan karena bersifat menipu dan tidak bersyukur atas apa yang telah Allah swt berikan. Yang paling baik dari seorang wanita adalah ketakwaannya bukan karena sebab fisiknya.
Semua sudah dibuat oleh Allah swt, tugas kita sebagai seorang manusia adalah menemukan sesuai dengan kadarnya. Cantik adalah sebuah kebutuhan dan tampil bersih dan cantik adalah wajar. Sebagai seorang wanita muslimah hendaklah kita berhias yang sewajarnya, menutup aurat dan memakai jilbab sesuai dengan perintah Allah swt dan tuntunan rasulullah s.a.w.
#IMMJAYA
By: IMMawati Ismawati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad