PERAN DAN URGENSI MAHASISWA TERHADAP NEGARA - IMM FEB UNISMUH MAKASSAR

IMM FEB

  • VISIONER
  • SPIRITUAL
  • INTELEKTUAL
  • HUMANITAS

Hot

PIKOM IMM FEB UNISMUH MAKASSAR

Rabu, 23 Oktober 2019

PERAN DAN URGENSI MAHASISWA TERHADAP NEGARA






KAJIAN KEMAHASISWAAN

Oleh: Kakanda IMMawan Adrian Al-Fatih

          Peran mahasiswa terhadap negara yaitu agen of change dan sosial of control. Agen of change harus kita mulai dari diri kita sendiri. Identitas mahasiswa Terkhusus Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah itu sendiri yaitu intelektual profetik.

         Jika mengulik kembali sejarah lahirnya bangsa Indonesia tidak lepas dari peran pemuda dan mahasiswa. Sejarah terbentuknya Boedi Oetomo, Peristiwa Sumpah Pemuda yang mempersatukan seluruh pemuda dan mahasiswa di seluruh Indonesia, Hingga peristiwa Rengasdengklok hingga proklamsi kemerdekaan tidak lepas dari desakan mahasiswa dan pemuda kepada kaum tua. Pemuda pada era Sebelum kemerdekaan hingga pasca kemerdekaan kemudian masuk orde lama hingga orde baru jauh berbeda dengan dengan pemuda yang sekarang. Sekiranya Soekarno pada saat itu hanya membutuhkan 10 pemuda jika dibandingkan dengan pemuda sekarang itu sangat nihil.

         Peran mahasiswa yaitu menjadi mahasiswa yang kritis dan menjadi mahasiswa strategis. Ketika mahasiswa pada hari ini tidak bisa mengambil perannya maka yakin dan percaya negara ini akan selesai dan akan menjadi negara kekuasaan. Kelompok intelektual harus menjaga jarak kekuasaan untuk menjadi mahasiswa kritis. Mahasiswa mampu menciptakan revolusi melalui gerakan Kolektif, Formulasi gerakan, dan perlawanan.

       Berbicara tentang negara tentu juga berbicara tentang kekuasaan. Tugas utama negara yaitu melayani masyarakat dan mendistribusikan keadilan. Dalam mendistribusikan keadilan disini urgensi mahasiswa Untuk mengisi pos-pos intelektual kritis guna menjaga aspek pendidikan, persatuan dan kesatuan, menjaga stabilitas negara, dan tugasnya yaitu mengkritisi negara dalam mendistribusikan keadilan..

       Untuk memenuhi peran dan urgensi sebagai mahasiswa terhadap negara yaitu penuhi syarat-syaratnya. Inti dari kajian ini yaitu bagaimana mahasiswa harus tetap membaca apapun itu membaca buku, sejarah, dan lingkungan sehingga bisa mengambil perannya strategis terhadap negara.

#IMMJAYA

By NurAzizah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad