HIDUPKAN BUDAYA LITERASI, IMM FEB UNISMUH MAKASSAR AKAN GELAR KEGIATAN DARUL HIKMAH - IMM FEB UNISMUH MAKASSAR

IMM FEB

  • VISIONER
  • SPIRITUAL
  • INTELEKTUAL
  • HUMANITAS

Hot

PIKOM IMM FEB UNISMUH MAKASSAR

Rabu, 06 Februari 2019

HIDUPKAN BUDAYA LITERASI, IMM FEB UNISMUH MAKASSAR AKAN GELAR KEGIATAN DARUL HIKMAH

Pimpinan Komisariat (PIKOM) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unismuh Makassar akan menggelar Darul Hikmah bertempat di Gedung Pusat Dakwah Islamiyah Muhammadiyah (PUSDIM) pada tanggal 11 – 15 Februari 2019.
Nama Darul Hikmah diangkat dari sejarah peradaban islam pada masa Dinasti Abbasiah yang pada saat itu mencapai puncak kecayaanm peradaban islam dengan luas wilayah kerajaan 2/3 dunia serta penguasaan ilmu pengetahuan yang tidak ada tandingannya. Khalifah Harun Ar Rasyid pada tahun 813 M di jantung Kota Baghdad, yang dimana pada masa membentuk pusat peradaban bernama Baitul Hikmah (tempat pertemuan para intelektual, pusat kajian dan diskusi, sanggar terjemah, labolatorium penelitian dan tempat penerbitan buku) yang banyak memunculkan tokoh-tokoh besar dalam sejarah ilmu pengetahuan, seperti; Al-Kindi, Al-Farabi, Ibnu Sina, Al khawarismi hingga sejarawan besar seperti Ibnu Khaldum. Ini yang kemudian melatar belakangi kegiatan ini diberi Darul Hikmah.
Darul Hikmah adalah salah satu program kerja Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan (RPK) PIKOM IMM FEB sebagai penanggungjawab kegiatan yang merupakan salah satu bentuk pengejewantahan dari stretching gerakan PIKOM yakni pengembangan intelektual.
Kegiatan ini bertema "Konstruksi Literasi Intelektual Milenial" yang bertujuan untuk membangun kembali kesadaran literasi di kalangan Mahasiswa pada umumnya dan terkhusus pada kader IMM, dimana kegiatan membaca, diskusi, dan menulis itu mulai memudar dikalangan masyarakat kampus.
Darmawan (Sekretaris Bidang RPK PIKOM IMM FEB) mengatakan kegiatan ini diharapkan mampu melahirkan para intelektual yang kembali akan menghidupkan budaya-budaya literasi di kelas-kelas bahkan di sudut-sudut kampus dengan membaca, diskusi dan menulis. (rilis by: irm-id)

1 komentar:

Post Top Ad