Beragama Dengan Hati - IMM FEB UNISMUH MAKASSAR

IMM FEB

  • VISIONER
  • SPIRITUAL
  • INTELEKTUAL
  • HUMANITAS

Hot

PIKOM IMM FEB UNISMUH MAKASSAR

Rabu, 26 September 2018

Beragama Dengan Hati

Beragama Dengan Hati

Sujana ws adalah seorang penulis buku yang berjudul mengislamkan orang Islam, yang menonjol pada dirinya adalah kesungguhan dan keikhlasannya dalam menjalankan agama, saya menyebutnya sebagai seorang yang "beragama dengan hati"

Tdk banyak orang yang beragama dengan cara demikian. Kebanyakan, Kita beragama dengan teori bukan dengan hati. Jika sudah pintar bicara teori agama lantas kita merasa sebagai ahli agama, jika sudah pintar Bahasa Arab lantas kita merasa sudah menguasai ilmu Allah dalam Alquran, jika sudah berpakaian dan beratribut Islami sudah menjadi orang paling Islam di muka bumi.

Sujana ws sebaliknya , ia selalu merasa gelisa dengan kualitas agamanya, ia selalu mempertanyakan apakah ia sudah Islam, justru ketika sudah membaca syahadat, sholat, puasa , zakat, dan haji?

Ia merasa resah ketika belum bisa menyelaraskan antara hati, lisan dan perbuatan, masih suka marah-marah, padahal Allah dan rasul-Nya mengajari sabar. Masih merasa zalim, sementara Allah dan rasul-Nya mengajari adil. Masih sering merasa malas, padahal Allah dan Rasul-Nya mengajarkan disiplin dan kerja keras. Masih sering sombong dan riya, sementara Allah dan rasul-Nya mengajari tawadhu. Masih sering memberontak dan egoistik sementara Allah dan rasul-Nya mengajari untuk berserah dri sepenuhnya kepada-Nya.

Sujana ws berusaha "beragama" bukan sekedar "berteori" agama. Ia menjadikan dirinya sebagai cerminan bagi kita semua ia membedah segala kekurangannya dalam beragama, agar Kita tdk merasa malu untuk membedah diri sendiri.

Apakah kita sudah Islam dalam arti yang sesungguhnya? bukan sekedar Islam KTP, Islam nama, Islam atribut, Islam teori apa lagi Islam-islaman.

Semoga Allah membimbing kita dalam ridho-Nya. Membuka hati kita dalam kelembutan-Nya. Membuka Fikiran kita dalam Ilmu-Nya. Dan membuka niatan kita untuk selalu berusaha mendekatkan dri kepada-Nya.

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا

"Pada hari telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu dan telah kucukupkan kepadamu nikmat-Ku dan telah kuridhai Islam itu jadi agama bagimu" (QS AL-maidah [5];3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad