Paradigma IMM - IMM FEB UNISMUH MAKASSAR

IMM FEB

  • VISIONER
  • SPIRITUAL
  • INTELEKTUAL
  • HUMANITAS

Hot

PIKOM IMM FEB UNISMUH MAKASSAR

Rabu, 22 Februari 2012

Paradigma IMM

Pada umumnya, gerakan mahasiswa dari dulu hingga sekarang telah mengalami pasang surut dalam menyikapi realitas-realitas social yang terjadi di masyarakat, akibat perubahan dari zaman ke zaman yang tidak dapat diindahkan. Dan hal yang sama pun terjadi pada semua organisasi-organisasi kemahasiswaan dan terkhusus di kalangan IMM itu sendiri. Untuk mengawal perubahan-perubahan yang terjadi di kalangan IMM dan masyarakat, tentunya membutuhkan daya nalar dan kritis dari para kader IMM.
Dalam rentang waktu yang mendekati 47 tahun, IMM telah menjadi bagian dari perjalanan bangsa ini, dan telah banyak mengukir prestasi besar dalam   kehidupan berbangsa dan bernegara dimana IMM menjadi salah satu saksi dan pelaku sejarah. Dulu ketika masih seumur jagung dengan jumlah anggota yang tidak banyak, IMM sudah tampil di garda terdepan bersama elemen bangsa yang lain melakukan perlawanan terhadap aksi perorongrongan Negara ala PKI, melawan berbagi praktek kebijakan pemerintah yang tidak pro terhadap rakyat serta menggiatkan diri mengasah kemampuan untuk mempersiapkan kepemimpinan bangsa ke depan.
Kini di usianya yang sudah matang dan dengan jumlah kader yang semakin banyak dan tersebar di seluruh penjuru negeri, IMM tetap tampil di garda terdepan untuk menjadi inspirasi pembebasan, pencerahan,serta perlawanan atas tatanan bangsa ini yang sedang jumud. Yang ragamnya merentang dari korupsi yang membudaya, kolusi yang menggurita, rasa malu yang sirna, hutang yang menumpuk, pengangguran yang semakin melonjak, angka kemiskinan yang semakin meningkat.
Jika melihat konteks sejarahnya, semestinya IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah mampu melahirkan banyak intelektual di zamannya, kaum intelektual yang selalu bergerak dengan agenda perubahan pembaharuannya. Individu-individu yang progresif dan produktif dengan konsep, model, pola, strategi maupun taktik perjuangan akan perubahan zamannya. Tetapi mengapa kesan tersebut seakan lenyap, dan hanya sebatas kenangan saja. Kelahiran IMM yang di dorong oleh karakteristik historisnya, merupakan modal untuk membangun dan memperkokoh identitasnya sebagai gerakan mahasiswa islam yang memiliki peran sebagai garda depan untuk melakukan liberasi atas ketertindasan dan kemiskinan umat, melakukan humanisasi untuk pencerdasan bangsa serta melakukan upaya-upaya transendensi sebagai penegakan nilai-nilai ketuhanan(nilai-nilai islam) dimuka bumi ini. Apalagi dalam ruangan yang tanpa batas ini, identitas baik kelompok maupun individu semakin kabur dan tidak jelas, termasuk di dalamnya gerakan mahasiswa.
Dalam  kapasitas inilah, IMM perlu memperkuat kembali identitasnya sebagai khalifatullah dengan menginternalisasikan nilai-nilai sejarah yang telah diukirnya dalam mewujudkan misi kekhalifahan tersebut, sebagaimana paradigma awal berdirinya IMM.


Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.                  Bagaimana latar belakng kelahiran  organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) ?
2.                  Bagaimana paradigama gerakan intelektual IMM  masa lalu ?
3.                  Bagaimana paradigama gerakan intelektual IMM masa kini atau masa akan datang ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad